Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan diri ke salah satu perusahaan pialang (broker) yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Daftar perusahaan pialang yang telah memiliki legalitas dapat anda lihat di situs www.idx.co.id. Ada banyak perusahaan broker saham yang bisa anda pilih, namun sebaiknya anda cermat dan teliti untuk memilih broker yang mempunyai reputasi baik. Oleh karena itu, penting rasanya memiliki teman yang telah berpengalaman dalam main saham. Ada beberapa perlengkapan yang perlu anda persiapkan, antara lain fotocopy KTP, NPWP, mengisi formulir, dan yang terpenting adalah sejumlah dana sebagai deposit awal untuk rekening anda di perusahaan pialang tersebut. Berapa jumlah uang setoran yang harus diisi di rekening anda? Bervariasi, namun rata-rata bagi pemula adalah 5-10 jutaan rupiah. Beberapa perusahaan sekuritas juga menyediakan pendaftaran secara online.

Ada dua jenis layanan yang diberikan oleh perusahaan pialang, yakni layanan penuh (full service brokerage) dan layanan online trading. Pada layanan penuh, anda akan dipandu oleh seseorang yang telah bersertifikat sebagai wakil anda dalam transaksi saham, sementara layanan online trading adalah anda melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham secara mandiri melalui internet, dan biasanya perusahaan pialang anda akan memberikan software khusus yang diinstal di komputer anda. Setelah hal itu selesai anda lakukan, anda pun siap beraksi untuk mencermati, menganalisa, dan memilih saham-saham yang diprediksi akan meningkat harganya.

Mengenal Komponen Transaksi Bisnis Saham

Beberapa jenis komponen yang terdapat dalam transaksi saham, antara lain:

1. Emiten

Apa yang dimaksud dengan emitan dalam bisnis investasi saham? Emiten merupakan perusahaan publik yang telah terdaftar di bursa efek.

2. Broker

Siapa yang dimaksud dengan broker? Broker adalah pihak yang berperan sebagai perantara atau pialang saham. Pada pasar modal, istilah broker lebih populer disebut dengan perusahaan sekuritas, yakni tempat para investor melakukan jual beli saham yang akan ditransaksikan pada bursa saham.

3. Rekening saham

Apa yang dimaksud dengan rekening saham? Rekening yang dimiliki oleh investor pada perusahaan sekuritas. Artinya, seseorang yang ingin berbisnis dalam saham, harus mempunyai rekening saham.

4. Kode saham

Dalam bursa saham, anda akan diberikan banyak pilihan saham dengan nilai yang bervariasi. Setiap saham yang dijualbelikan di bursa efek memiliki suatu kode khusus. Pada Bursa Efek Indonesia, setiap saham memiliki kode 4 huruf yang ditulis dalam huruf kapital. Pemilihan kode tersebut ditentukan sendiri oleh perusahaan dan diajukan kepada BEI untuk mendapat persetujuan. Misalnya, Astra Agro Lestari Tbk kodenya AALI atau Bank Central Asia Tbk kodenya BBCA. Mereka yang sudah sering bermain di bursa saham biasanya saat melakukan transaksi lebih sering menyebut kode saham daripada nama perusahaannya.

5. Satuan transaksi

Satuan transaksi merupakan jumlah minimal saham yang ditransaksikan. Satuan transaksi minimal sebesar satu Lot yang setara atau ekivalen dengan 500 lembar saham.

6. Mekanisme transaksi

Bagaimanakah mekanisme dalam transaksi di bursa saham? Secara sederhana, pembeli dan penjual memasukkan kuotasi penawaran harga bid dan ofer saham pada sistem antrean. Setiap penawaran yang diberikan diurutkan menurut waktu masuk hingga terdapat harga yang cocok antara penawaran beli tertinggi dan penawaran jual terendah.

7. Fraksi harga

Fraksi harga merupakan perubahan satuan perubahan harga (fraksi) saham.

8. Jam transaksi

Kapan saja proses transaksi yang berlangsung di bursa saham? Jadwal perdagangan efek di pasar reguler, pasar tunai, dan pasar negosiasi dapat dilakukan selama jam perdagangan pada setiap hari bursa, yakni pada hari senin sampai kamis pukul 09.30 – 12.00 dilanjutkan pukul 13.30 – 16.00; dan pada Jumat pukul 09.30 – 11.30 dilanjutkan pukul 14.00 – 16.00.

9. Keuntungan

Keuntungan atau profit yang diperoleh dalam melakukan transaksi saham dapat berupa capital gain dan dividen.

10. Konfirmasi saham

Apa yang dimaksud dengan konfirmasi saham? Konfirmasi saham merupakan konfirmasi pembelian saham yang diberikan oleh perusahaan sekuritas tempat investor melakukan transaksi. Secara terpusat, nama para investor akan tercatat pada lembaga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

11. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Sebagai bagian dari pemilik perusahaan atau penanam modal, maka salah satu hak yang dimiliki oleh para pemegang saham adalah menghadiri RUPS dengan membawa surat pengantar Konfirmasi Tertulis Untuk Rapat (KTUR) yang diterbitkan oleh KSEI. Investor akan menerima surat pengantar yang diberikan oleh perusahaan sekuritas. Lalu, apa yang dibahas dalam RUPS? Yang dibahas biasanya menyangkut perkembangan keadaan perusahaan dan strategi yang akan dilakukan untuk masa yang akan datang.

Membuka Rekening Sekuritas

Membuka rekening sekuritas adalaha langkah kedua dalam 5 langkah cara membeli saham online untuk pemula. Rekening sekuritas ini apa? Rekening bank?

Bukan!

Rekening sekuritas ini adalah rekening di perusahaan sekuritas yang akan bertindak menjadi broker untuk transaksi jual beli saham manteman. Ada banyak perusahaan sekuritas di luar sana yang menjadi anggota bursa.

Silahkan buka website Bursa Efek Indonesia untuk daftar sekuritas yang ada dikota manteman.

Masih bingung kenapa harus buka rekening sekuritas?

Ibaratnya gini, kalo kita mau ke pasar, kita gak akan bisa beli tempe langsung ke pembuatnya. Kita belinya di pasar, ke penjual tempe. Penjual tempe inilah yang menjadi penghubung kita ke pembuat tempenya.

Tapi gak kayak ilustrasi di atas yang mana penjual tempenya bisa jadi adalah pembuat tempenya juga.

Di pasar saham, tempat kita bisa jual beli saham harus melalui perusahaan sekuritas ini (si penjual tempe). Kita gak bisa punya akses langsung ke penerbit sahamnya (dalam hal ini perusahaan yang sahamnya kita beli).

Milih perusahaan sekuritas mana tempat nantinya melakukan transaksi memang susah-susah gampang. Kalo gue sendiri sekarang ini aktif pake rekening sekuritas di Indopremier dan Mandiri Sekuritas (sebut merek).